Selasa, 05 Maret 2013

Pengertian dan Manfaat TIK

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan TIK? Apakah teknologi informasi dan komunikasi itu identik dengan komputer? Apakah telepon seluler (ponsel) termasuk bagian dari TIK? Pertanyaan-pertanyaan ini sering dilontarkan oleh banyak orang. Untuk menemukan jawabannya, Anda perlu memahami pengertian teknologi informasi itu sendiri.
 
Teknologi Informasi dan Komunikasi mempunyai dua pengertian, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi mempunyai arti yang luas, yaitu meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Adapun Teknologi Komunikasi berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya. Dengan demikian, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) adalah segala hal yang berkaitan dengan proses, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antarmedia dengan menggunakan teknologi tertentu. 

Alat yang termasuk dalam kategori TIK adalah komputer, termasuk peralatan-peralatan yang berhubungan dengan komputer, seperti pembaca sidik jari dan CD-ROM. TIK tidak harus secara spesifik berupa komputer yang terhubung ke komputer lain melalui alat telekomunikasi, tetapi juga dapat berupa peranti seperti ponsel ataupun peralatan elektronika lain yang berhubungan dengan penyajian informasi (misalnya televisi).

Peranan TIK pada masa sekarang tidak hanya diperuntukkan bagi organisasi, melainkan juga untuk kebutuhan perseorangan. Bagi organisasi, TIK dapat digunakan untuk mencapai keunggulan kompetitif. Adapun bagi perseorangan maka TIK dapat digunakan untuk mencapai keunggulan pribadi, termasuk untuk mencari pekerjaan. TIK bisa dikatakan telah merasuki ke segala bidang dan lapisan masyarakat. Pada masa sekarang, ponsel dengan kemampuan mengambil informasi dari internet telah menjadi barang yang biasa dipakai orang untuk berkomunikasi, yangmenjadikan jarak bukan sebuah kendala. Orang menjadi terbiasa dengan dengan surat elektronik (e-mail) dan mulai menjauhi penggunaan surat konvensional yang menggunakan kertas. Orang lebih suka menggunakan program-program pengolah kata untuk membuat dokumen daripada memakai mesin ketik biasa.

Jadi, TIK memiliki peran penting dalam dunia bisnis di era modern ini.

0 komentar:

Posting Komentar