Selasa, 05 Maret 2013

Pembelajaran TIK

Saat ini, bidang informasi dan telekomunikasi mengalami perkembangan yang sangat cepat, khususnya perangkat audiovisual, telepon seluler, dan komputer. Teknologi ini telah mengubah cara hidup masyarakat dan banyak memengaruhi aspek kehidupan lainnya. Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dipersiapkan untuk mengantisipasi dampak perkembangan teknologi tersebut, khususnya bidang informasi dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui manfaat dari TIK agar mempunyai bekal pengetahuan dan pengalaman yang memadai. Pada akhirnya, Anda dapat menerapkan dan menggunakannya dalam kegiatan belajar, bekerja, serta kegiatan lainnya.

Anda membutuhkan pemahaman dan pengalaman agar bisa memanfaatkan TIK secara optimal dalam menghadapi tantangan perkembangan zaman, juga menyadari implikasinya bagi Anda sendiri maupun bagi masyarakat. Jika Anda telah mengikuti dan memahami serta mempraktikan TIK maka Anda akan memiliki kapasitas kepercayaan diri untuk memahami berbagai jenis TIK dan menggunakannya secara efektif. Selain itu, Anda akan memahami dampak negatifnya, juga keterbatasan dari TIK, serta mampu memanfaatkan TIK untuk mendukung proses pembelajaran.

Pembelajaran TIK melalui media ini akan memberikan motivasi dan kesenangan kepada Anda untuk belajar dan bekerja secara mandiri. Selain itu, penguasaan TIK akan meningkatkan proses pembelajaran pada semua jenjang, dengan menjangkau mata pelajaran lainnya. Mata pelajaran TIK mencakup penguasaan keterampilan komputer, prinsip kerja berbagai jenis peralatan komunikasi dan cara memperoleh, serta mengolah dan mengkomunikasikan informasi.

Secara umum, tujuan TIK adalah agar Anda memahami alat TIK secara umum, termasuk komputer (computer literate) dan memahami informasi (information literate). Artinya, Anda mengenal istilah-istilah yang digunakan pada TIK, serta istilahistilah pada komputer yang umum digunakan. Anda juga akan menyadari keunggulan dan keterbatasan dari komputer, serta dapat menggunakan komputer secara optimal. Selain itu, Anda juga akan memahami bagaimana dan di mana informasi dapat diperoleh, bagaimana cara mengemas/mengolah informasi, serta bagaimana cara mengomunikasikannya. Secara khusus, tujuan mempelajari TIK, di antaranya sebagai berikut.
  1. Menyadarkan Anda akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari TIK sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
  2. Memotivasi kemampuan Anda untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK sehingga Anda bisa melaksanakan dan menjalani aktivitas kehidupan sehari-hari secara mandiri dan lebih percaya diri.
  3. Mengembangkan kompetensi Anda dalam penggunaan TIK untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktivitas dalam aspek kehidupan sehari-hari.
So...,,, Bukanlah suatu hal yang mustahil jika kelak Anda akan menjadi penentu perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Teruslah belajar dengan giat. Kejarlah cita-cita Anda dengan penuh keyakinan dan tetaplah berdoa. Sukses untuk Anda yang berani sukses. God Bless You...

0 komentar:

Posting Komentar