Selasa, 05 Maret 2013

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dalam Penggunaan Komputer

Bekerja dengan komputer akan menyita waktu yang lama sehingga dapat menyebabkan gangguan kesehatan dan keselamatan. Penelitian yang telah dilakukan menyimpulkan bahwa pengguna komputer dapat menderita nyeri otot dan tulang, terutama pada bahu, pergelangan tangan, leher, punggung, pinggang bagian bawah, dan nyeri kepala. Selain itu, pengguna komputer juga dapat terserang penyakit lain, seperti kesemutan, badan bengkak, anggota badan kaku, sakit ginjal, mata merah, berair, nyeri, dan bahkan gangguan penglihatan. Hal ini dapat disebabkan posisi tubuh kita yang salah saat menggunakan komputer. Selain itu, posisi peralatan komputer, pencahayaan ruangan, dan kondisi lingkungan sangat memengaruhi kesehatan dan keselamatan Anda saat menggunakan komputer.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari gangguan kesehatan dan keselamatan saat menggunakan komputer, di antaranya sebagai berikut.
  • Mengatur posisi tubuh sedemikian rupa sehingga Anda merasa nyaman.
  • Mengatur posisi perangkat komputer dan ruangan sebaik mungkin sehingga cukup nyaman bagi Anda.
  • Makan, minum, dan istirahat yang cukup. Jangan sampai duduk berjam-jam saat menggunakan komputer sehingga lupa makan dan minum.
  • Olahraga dan menggerakkan badan Anda sebelum maupun sesudah menggunakan komputer.
  • Jangan terpaku terus ke layar monitor, alihkan pandangan sekali-kali ke luar ruangan untuk menyegarkan mata.

0 komentar:

Posting Komentar